6 Tips Promosi di Instagram, dari Giveaway sampai Endorsement

6 Tips Promosi di Instagram, dari Giveaway sampai Endorsement

Apa saja tips promosi di Instagram yang tepat? Hm, untuk pemilik bisnis yang baru saja mulai, penting sekali coba pasang iklan di Instagram. 

Karena mengutip data dari Napoleon Cat, pengguna Instagram di Indonesia pada tahun 2020 saja mencapai 69,2 juta. Maka dari itu, sosial media yang populer tersebut cocok menjadi media promosi. 

Jumlah tersebut terutama pada pengguna yang berusia berkisar 18 sampai 34 tahun. Inilah alasan kenapa sekarang banyak pebisnis online yang mulai beralih dari iklan konvensional menjadi iklan di sosial media di Instagram.

Apa Saja Tips Promosi di Instagram?

Apa Saja Tips Promosi di Instagram
Sumber gambar: pexels.com/cottonbro

Tentu saja untuk melakukan promosi di Instagram tidak sulit namun tetap ada hal yang perlu kamu perhatikan. Baiklah, ini dia beberapa tips promosi di sosial media tersebut. 

1. Beralih ke Akun Instagram Bisnis

Cara melakukan promosi Instagram yang pertama yaitu beralih dari akun pribadi ke akun bisnis terlebih dahulu. Berbeda dengan akun pribadi, akun bisnis di Instagram memiliki lebih banyak fitur yang dapat bisa kamu gunakan untuk mengembangkan bisnis, termasuk pengiklanan. 

Cara beralihnya pun mudah, pergi menu Pengaturan > Akun > Beralih ke akun bisnis. Mudah, bukan? Hanya dengan satu jentik jari, akun kamu sudah bisa digunakan untuk promosi 

2. Buat Konten Menarik dan Konsisten

Sebelum kamu mulai membuat promosi yang tepat, mulailah dengan buat konten yang menarik terlebih dahulu. Pastikan konten yang akan kamu unggah menarik secara visual sehingga calon konsumen bisa dengan cepat aware terhadap akun kamu. 

Kamu juga bisa buat topik diskusi yang relevan dengan target pasar dan produk. Apabila konten tersebut kamu kemas dengan menarik, kamu hanya perlu memastikan konsistensi  konten dari segi desain, gaya visual pada saat pengunggahan. 

3. Gunakan Fitur Akun Bisnis 

Apabila profil dan konten kamu sudah siap, berarti kamu sudah bisa melakukan pengiklanan di Instagram. Iklan yang nantinya kamu pasang busa langsung dilihat setelah kamu mengunggah konten ke feed atau juga ke Instagram Stories. 

Sebagai syarat utama untuk bisa beriklan adalah akun kamu harus ditautkan dulu ke halaman Facebook dengan profil yang sama. Kemudian yang perlu kamu lakukan adalah menentukan target pasar dan budget untuk iklan tersebut. 

Setelah itu, isi metode pembayaran yang ingin kamu gunakan, bisa dengan kartu kredit atau juga kartu debit. Kemudian tunggu saja Instagram untuk menyetujui dan konten kamu akan berhasil dipromosikan oleh sosial media tersebut. 

4. Pakai Jasa Endorsement

Mungkin istilah tersebut sudah banyak dikenal. Yup, kamu bisa menggunakan tips tersebut dan bekerja sama dengan selebriti ataupun influencer yang memang target pasar akunnya juga sesuai dengan produk yang kamu tawarkan. 

Untuk langkah awal, kamu bisa coba bekerja sama dengan para influencer yang memiliki angka followers dibawah 100 ribu. Tentu saja hal tersebut untuk melihat perkembangan pada langkah awal, apakah target pasar kamu sudah tertarget dengan baik sehingga para calon konsumen membutuhkan produk yang kamu jual. 

5. Manfaatkan Hashtag 

Cara mempromosikan produk selanjutnya juga bisa dilakukan dengan mengoptimalkan hashtag. Dengan kata lain, hashtag berperan untuk memudahkan pengguna menemukan akun dan produk yang kamu jual di Instagram. 

Dengan hanya menyertakan beberapa tagar terkait produk, pengguna Instagram bisa cepat terhubung dengan produk yang kamu tawarkan. 

Namun perlu diingat, sebelum kamu mengunggah konten apapun ke Instagram, cobalah untuk meneliti kata kunci yang berbeda yang sering dicari oleh target pasar sehingga iklan kamu memiliki potensi yang lebih besar untuk dilihat banyak calon pembeli. 

6. Buat Giveaway 

Diskon memang merupakan cara mempromosikan produk yang baik, namun cara tersebut masih dibilang kurang efektif. Hm, alih-alih diskon, kamu bisa memilih untuk memberikan giveaway atau hadiah secara cuma-cuma untuk pembeli.

Giveaway sering dianggap lebih efektif untuk bisnis karena memberi kesempatan kepada konsumen untuk membeli dan mencoba produk secara gratis. Terlebih, cara tersebut banyak sekali digunakan oleh orang-orang yang memang juga sambil mencari followers baru namun sesuai target pasar. Hm, menarik, kamu wajib mencobanya!. 

Yup, jadi seperti itulah beberapa tips promosi di Instagram yang kamu bisa lakukan untuk mengembangkan bisnis ataupun penjualan. Selamat mencoba, semoga sukses!.