Mengapa Self Reward Itu Penting dan Bagaimana Menerapkannya?

Mengapa Self Reward Itu Penting dan Bagaimana Menerapkannya?

Anda pastinya pernah mendengar kata self reward, kata ini merupakan ungkapan yang cukup populer di kalangan generasi muda. 

Jika didefinisikan secara sederhana, self reward atau yang juga disebut self rewarding ini adalah bentuk apresiasi atau penghargaan ke diri sendiri atas suatu pencapaian atau keberhasilan melakukan sesuatu.

Adapun contoh self reward seperti saat kamu berencana akan membeli baju baru jika berhasil memenuhi suatu target pekerjaanmu. 

Pentingnya Self Reward Untuk Dirimu

Meskipun banyak yang menganggap sebagai hal sepele, namun self reward ini nyatanya cukup penting untuk diterapkan. Terdapat sejumlah manfaat dari self rewarding ini. 

Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas lebih banyak mengenai manfaat apa saja yang didapat dari penerapan self reward ini. Berikut adalah beberapa diantaranya:

1. Kemandirian Emosi

Salah satu manfaat yang dapat dirasakan oleh kamu yang penerapan self rewarding adalah munculnya kemandirian emosi. Kemandirian emosi yang dimaksud disini merujuk pada kondisi bahwa kamu tidak membutuhkan pemicu atau rangsangan dari luar untuk membuat dirimu termotivasi.

Hal tersebut dikarenakan kamu telah dapat memotivasi dirimu sendiri melalui self awarding yang kamu terapkan.

2. Dapat Meningkatkan Kepercayaan Diri

Manfaat selanjutnya dari pemberian self reward adalah dapat meningkatkan kepercayaan dirimu.  Di era yang sangat kompetitif seperti saat ini, dimana persaingan dapat ditemukan di hampir semua bidang, baik pekerjaan maupun akademik, kamu akan menemukan beberapa orang yang selalu mendikte apa yang kamu lakukan.

Orang yang memiliki kepercayaan diri kurang biasanya akan berakhir dengan rasa depresi dan putus asa. Menerapkan self rewarding dapat meningkatkan kepercayaan dirimu dalam menghadapi kondisi ini.

Self rewarding akan membuat kamu menjadi lebih fokus menyelesaikan tugasmu dengan baik dan menghargai dirimu sendiri.

3. Membangun Pikiran Yang Positif

Seperti yang disebutkan sebelumnya bahwa self rewarding dapat meningkatkan kepercayaan dirimu. Seiring dengan meningkatnya kepercayaan diri, maka cara berpikirmu pun akan menjadi lebih positif dan optimis. Kamu pun juga akan menjadi lebih percaya diri dalam mengambil sebuah keputusan.

4. Melatih Manajemen Waktu

Penerapan self rewarding dalam gaya hidup juga dapat melatih meningkatkan kemampuanmu dalam manajemen waktu. Dengan mengejar reward dari setiap pencapaianmu, maka kamu akan menjadi lebih disiplin dalam hal mengatur waktu demi mencapai target.

Sebagai sedikit saran, kamu dapat menuliskan target jangka pendek dan juga jangka panjang yang ingin kamu capai. Jangan lupa juga untuk menulis reward yang akan kamu dapatkan jika berhasil mencapai target tersebut.

5. Menghilangkan Kebiasaan Negatif

Self reward juga dapat dijadikan sarana atau alat untuk melepaskan kebiasaan buruk yang kamu miliki. Misalnya, kamu memiliki kebiasaan buruk bangun siang. Kamu dapat mencoba untuk membuat target untuk mulai bangun pagi selama 3 bulan ke depan dan menentukan reward yang akan kamu dapatkan.

Hal ini akan sangat efektif memangkas kebiasan buruk dari gaya hidupmu. Namun satu poin penting yang tidak boleh kamu lupakan adalah konsistensi. Ketika telah memenuhi target tersebut, bukan artinya kamu kembali ke kebiasaan lamamu. Tetaplah konsisten untuk melakukan kebiasaan baru yang telah kamu upaya bangun sebelumnya.

Tips Untuk Menerapkan Self Reward

Sekadar memberikan informasi tambahan untuk kamu yang tertarik untuk menerapkan metode self rewarding ini. Berikut terdapat beberapa tips yang dapat kamu coba.

1. Tentukan Target Yang Kamu Ingin Dicapai

Target adalah elemen yang penting dalam menerapkan self rewarding. Untuk itu, hal pertama yang harus kamu lakukan untuk mengetahui dengan jelas target yang kamu ingin capai.

Cobalah tuliskan target yang ingin kamu capai dengan spesifik dan juga deadline dari target tersebut. Misalnya kamu ingin menurunkan berat badan, tuliskan tentang berapa banyak berat badan yang ingin kamu diturunkan dan lamanya waktu yang ditargetkan.

Satu lagi pastikan target dan deadline yang kamu tentukan rasional. Jangan menulis target yang kiranya mustahil untuk dilakukan. Misalnya kamu ingin menurunkan berat badan sebanyak 10 kg dalam 2 hari. Hal ini adalah target yang mustahil untuk dilakukan (tidak rasional).

2. Reward Yang Akan Kamu Dapatkan

Selain target, kamu juga disarankan untuk menuliskan reward yang akan kamu dapatkan jika berhasil memenuhi target yang kamu kejar. Namun pastikan reward yang kamu berikan dalam batasan wajar dan tidak berlebihan.

Misalnya, jika memutuskan reward yang akan kamu peroleh adalah belanja. Pastikan bahwa kamu tidak berlebihan dalam belanja ini. Harus diingat bahwa pemberian reward ke diri sendiri ini harus berdampak positif, bukannya memberi dampak negatif seperti menjadi boros dalam hal pengeluaran.

3. Terapkan Juga Punishment

Agar lebih seimbang, kamu juga harus menerapkan sistem punishment kepada dirimu sendiri. Berikan punishment atau hukuman kepada dirimu jika kamu tidak dapat memenuhi target yang kamu sebelumnya tetapkan.

Misalnya kamu menargetkan untuk bangun pagi selama 3 bulan ke depan. Namun ternyata kamu tidak dapat memenuhinya, maka berikanlah hukuman kepada dirimu sendiri. Dengan menerapkannya, kamu akan menjadi lebih disiplin.

Itulah sedikit pembahasan mengenai pentingnya self reward untuk dirimu dan tips menerapkannya. Bagaimana dengan kamu? Apakah kamu telah memberikan cukup self reward kepada dirimu sejauh ini?.

Baca Juga : Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk berjudi? Berikut Jawabannya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *