Memulai Kebiasaan Baru, Bagaimana Caranya? Berikut Jawabannya!!

Memulai Kebiasaan Baru, Bagaimana Caranya? Berikut Jawabannya!!

Kamu Ingin memulai kebiasaan baru yang membawa dampak positif untuk diri kamu?. Ulasan kami kali ini akan membantu kamu.

Memulai kebiasaan baru memang bagi cukup banyak orang adalah hal yang cukup sulit. Apalagi jika kebiasaan baru tersebut bertentangan dengan kebiasaan buruk yang sebelumnya dilakukan dalam waktu yang cukup lama, contohnya seperti bangun siang. 

Namun sebenarnya jika kamu mengetahui tips dan triknya, membangun kebiasaan baru bukanlah suatu hal yang merepotkan. 

Tips Mudah Memulai Kebiasaan Baru 

Pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit berbagi mengenai tips mudah memulai kebiasaan baru yang dapat kamu coba. Berikut tips dan triknya.

1. Pahami Terlebih Dahulu Makna Kebiasaan

Banyak orang yang ingin membangun kebiasaan baru, namun mengetahui makna dari kebiasaan itu sendiri. Kebiasaan sendiri dapat dijelaskan sebagai hal yang dilakukan dalam waktu lama dan berulang.

Dari definisi nya dapat diketahui bahwa kebiasaan tidak dapat dibentuk secara instan dan cepat. Butuh waktu cukup lama untuk menjadikan sebuah aktivitas menjadi sebuah kebiasaan. 

2. Waktu Yang Dibutuhkan 

Menurut salah satu halaman situs online yang membahas pengembangan diri, dibutuhkan waktu setidaknya 21 hari untuk dapat benar-benar beradaptasi dengan sebuah aktivitas atau kebiasaan baru. Namun kunci yang penting pada bagian ini adalah melakukannya hari ini dan kemudian mengulangi kembali pada hari-hari esok nya.

3. Menetapkan Tujuan Anda

Memiliki tujuan adalah suatu hal penting dalam setiap hal, termasuk juga dalam membangun sebuah kebiasaan baru. Tujuan dapat menjadi motivasi kuat untuk kamu agar konsisten dalam menerapkan kebiasaan baru tersebut. Untuk, mulailah mengetahui dengan baik apa tujuan dari kebiasaan barumu.

Sebagai contoh, misalnya kamu ingin memulai kebiasaan rutin Nge-gym. Kamu harus tahu kemana tujuan kamu, apakah untuk sekadar untuk kebugaran atau ingin membentuk badan yang ideal.

4. Fokuskan Diri Pada Proses

Setelah mengetahui dengan pasti tujuan apa yang kamu inginkan dari penerapan kebiasaan baru. Lantas jangan menjadikan tujuan tersebut sebagai concern utama, hal tersebut akan meruntuhkan motivasi kamu.

Fokuskan dirimu pada proses yang kamu lalui. Sebagai saran, buat jurnal progres penerapan kebiasaan barumu untuk menjadi tolak ukur keberhasilan. Perlu diingat bahwa, proses dan kerja keras tidak akan pernah mengkhianati.

5. Lacak dan Targetkan Usaha Anda

Untuk membentuk sebuah kebiasaan baru, anda harus juga melacak upaya yang anda akan lakukan akan segera dapat beradaptasi dengan kebiasaan tersebut. Misalnya, anda ingin memulai kebiasaan untuk membaca. Tentukan berapa banyak bacaan yang anda akan biasakan baca dalam satu hari, minggu atau bulan.

Dengan memiliki angka pasti sebagai standar, maka anda akan lebih cepat untuk terbiasa akan kegiatan atau aktivitas baru tersebut. Cobalah untuk menetapkan standar tersebut.

6. Tetap Konsisten

Setelah anda berhasil progress cukup baik dalam melakukan adaptasi kebiasaan baru anda, konsistensi menjadi hal selanjutnya yang sebaiknya anda tekankan. Jangan pernah membuat alasan untuk meninggalkan kebiasaan anda, karena hal tersebut dapat memicu kembalinya rasa malas. 

Misalnya, ada teman anda yang mengajak anda untuk melakukan suatu hal yang tidak terlalu bermanfaat pada jadwal olahraga anda. Maka anda harus dengan tegas menolaknya atau merekomendasikan waktu lain.

7. Jangan Menunda

Kebanyakan orang gagal untuk memulai kebiasaan baru mereka, lantaran terlalu sering menundanya. Ingat, waktu adalah sesuatu yang tidak dapat diputar ulang. Oleh karena itu, manfaatkan waktu anda dengan sebaik mungkin. Jangan membiasakan diri untuk menunda pekerjaan, apalagi hal yang membawa dampak positif ke hidup anda.

Kebiasaan Positif Yang Disarankan Untuk Anda Miliki

Dengan membangun kebiasaan baru, tentunya anda menginginkan dampak positif untuk kehidupan atau masa depan anda. Sebagai saran, terdapat beberapa kebiasaan positif yang sangat dianjurkan untuk anda mulai. 

1. Bangun Pagi

Bangun pagi adalah salah satu kebiasaan positif yang sangat disarankan untuk anda terapkan. Dengan bangun pagi, anda akan dapat memulai rutinitas dengan lebih cepat, misalnya mempersiapkan hal yang dibutuhkan untuk bekerja, membaca ataupun berolahraga.

Banyak penelitian yang juga mendukung hal ini, salah satunya menyebutkan bahwa 44% dari orang sukses memiliki kebiasaan untuk bangun pagi, setidaknya 3 jam sebelum jam kerja mereka.

Jika anda kiranya memiliki kebiasaan bangun siang, mungkin ini adalah saatnya untuk mengubahnya. Mulailah untuk tidur tepat waktu dan membiasakan bangun lebih awal, sehingga anda dapat memulai rutinitas lebih awal.

2. Membaca

Berdasarkan pada penelitian yang dilakukan oleh Tom Corley, seorang perencana keuangan. Diketahui bahwa 88% dari orang sukses setidaknya memiliki kebiasaan membaca buku, setidaknya 30 menit setiap harinya.

Buku yang dibaca pun adalah buku seputar pengembangan diri dan biografi tokoh ternama. Anda dapat mencoba untuk mengikuti kebiasaan yang satu ini. Melakukan hal  ini pasti akan memberikan baik untuk anda di masa depan.

3. Membuat Jadwal Harian

Untuk membuat hidup anda lebih teratur, membuat jadwal harian bukanlah suatu ide buruk. Cobalah untuk membuat jadwal aktivitas dan juga daftar pekerjaan yang harus anda lakukan. Hal ini akan membantu anda untuk menjadi lebih produktif setiap harinya.

Itulah beberapa tips dan trik untuk memulai kebiasaan baru. Semoga tips dari kami ini dapat membantu kamu untuk dapat membangun kebiasaan baru yang lebih positif. Selamat mencoba.

Baca Juga : Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk berjudi? Berikut Jawabannya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *