4 Manfaat Media Sosial Untuk Promosi dan Kegunaannya di Masyarakat

4 Manfaat Media Sosial Untuk Promosi dan Kegunaannya di Masyarakat

Manfaat media sosial untuk promosi? Hm, bukannya sosial media hanya untuk posting foto atau video saja? Kok bisa untuk media promosi juga? Apa yang bisa orang-orang promosikan di sosial media? 

Cukup… cukup… Media sosial memang memiliki peran utama untuk menghubungkan orang yang jauh menjadi dekat, bahkan memberi peluang bertemu dengan orang-orang baru. Namun tampaknya hal tersebut semakin luas dan bergeser ke arah penjualan dan promosi. 

Contoh kasus yang pertama, pada saat kamu membeli produk makanan atau minuman baru, di kemasannya tertulis lengkap sosial media dari merek tersebut yang bisa kamu temukan. 

Ketika kamu coba untuk kunjungi salah satunya, kamu pasti akan melihat beberapa informasi lengkap lainnya mengenai produk tersebut. Baik itu produk terbaru ataupun diskon dan promo. 

Nah, seperti itulah cara kerjanya! 

Namun supaya kamu bisa lebih paham lagi, perhatikan beberapa informasi di dalam artikel ini yang tentunya sangat berguna tentang sosial media sebagai media promosi jaman now!. 

Apa Saja Media Sosial Yang Hits Saat Ini?

media sosial terpopuler
Sumber gambar: pixabay.com

Sebelum memulai lebih jauh lagi, mungkin kamu bertanya-tanya apa saja sosial media yang biasa orang-orang gunakan untuk mempromosikan suatu produk dari merek tertentu? Baiklah, setidaknya ada 5 platform yang sangat hits digunakan oleh orang-orang yang membuka bisnis online. 

1. Instagram

Hellow… Jaman sekarang siapa sih yang tidak tahu Instagram? 

Yup, media sosial yang satu itu pada awalnya sangat dikenal sebagai platform hanya untuk memposting foto. 

Sampai pada akhirnya sang CEO mulai melihat peluang untuk menambahkan fitur-fitur baru seperti Instastory (postingan pendek 24 jam) yang mirip dengan Snapchat dan juga yang baru-baru ini video Reels (video pendek) yang mirip dengan TikTok. Akhirnya sosial media tersebut tidak lagi fokus untuk memposting foto saja. 

Nah, dengan fitur-fitur tersebut akhirnya juga menjadi peluang untuk para pebisnis online mempromosikan produk jualan mereka. 

Apalagi sekarang akun pribadi bisa dibedakan atau dijadikan sebagai akun bisnis yang tentunya dengan tambahan fitur lengkap untuk melihat perkembangan pengikut dan konten, bahkan Instagram Ads yang digunakan untuk keperluan promosi di instagram.

Apakah hanya karena fitur, Instagram menjadi sosial media terbaik untuk promosi? 

Tidak sampai disitu saja! Mungkin kamu bisa melakukan observasi kecil, membandingkan Instagram dengan sosial media lainnya yang paling banyak digunakan oleh selebritis dan orang-orang yang memang mempunyai nama terkenal. 

Misalnya saja di Indonesia, selebritis seperti Ayu Ting Ting, Syahrini, Nikita Mirzani, dll lebih aktif di Instagram ketimbang media sosial yang lainnya. 

Nah inilah yang juga menjadi peluang untuk para penjual online untuk melakukan endorse atau iklan melalui akun Instagram orang-orang terkenal tersebut. Memang, pastinya kamu harus membayar sekian harga yang masing-masing selebriti tentukan. 

2. Tiktok

Cintaku bukan diatas kertas, cintaku getaran yang sama~

Duh… fokus… fokus… 

TikTok tampaknya sudah menjadi kebutuhan umat manusia di jaman sekarang berbasis video. Pasalnya, orang-orang sekarang lebih banyak fokus melihat video-video pendek di sana. 

Terlebih, banyak sekali template konten dan fitur unik yang bisa dipakai oleh setiap pengguna dengan gratis. Inilah yang menjadi kelebihan dari sosial media tersebut. 

Terlebih ketika kamu membuat konten menggunakan hashtags tertentu yang spesifik akan membuat video konten tampil di halaman depan dan peluang dilirik oleh pengguna lain pun juga besar. Hm, apalagi kalau kamu buat konten yang menarik dan ikuti trend, orang-orang pasti akan ikut berkomentar juga. 

3. Facebook

Meskipun Facebook sudah tidak sepopuler dulu karena kehadiran 2 sosial media di atas, para pebisnis online masih menggunakan platform tersebut karena juga berguna untuk menemukan orang-orang baru untuk melihat promosi produknya. 

Terlebih, Facebook dan Instagram sekarang berada di bawah naungan yang sama yaitu dari Meta yang dipegang langsung oleh Mark Zuckerberg. Selain itu, ketika kamu ingin membuat sebuah akun Instagram bisnis, biasanya kamu akan diminta untuk menghubungkan akun tersebut ke halaman Facebook. 

Facebook sendiri juga memiliki layanan iklan serupa dengan instagram ads yang disebut dengan facebook ads. Layanan ini membantu untuk kamu membuat iklan tertarget untuk menjangkau lebih banyak calon customer/kline di facebook.

4. Twitter

Bengek hyung..

Humorku anjlok..

Twitter do your mejik..

Meskipun orang-orang Indonesia sekarang menganggap lebih menganggap Twitter sebagai media sosial untuk sambat-menyambat, namun jangan salah, banyak para pebisnis online yang menggunakan platform tersebut untuk dijadikan media promosi. Tentunya, karena ‘target pasar’ yang sesuai. 

Kebanyakan pengguna aktif Twitter memang di range umur 17 sampai 38 tahun, yang memang senang berbagi informasi menarik dan juga saling bertukar pikiran. Nah, jika kamu punya bisnis dengan target pasar di atas, kamu bisa coba menggunakan sosial media yang satu ini. 

5. Youtube

Nah, terakhir ada Youtube yang sampai sekarang masih menjadi platform untuk mengunggah video terbesar dan belum tergeser posisinya. Yup, kamu bisa membuat suatu konten video untuk kamu promosikan di Youtube.

Apalagi sekarang Youtube juga mengeluarkan fitur baru ‘Youtube Short’ yang merupakan fitur baru untuk membuat video singkat seperti Instagram Reels dan video TikTok. Meskipun di sini kamu membutuhkan effort yang lebih untuk menghasilkan sebuah konten bagus, tapi jangkauannya dilihat pengguna lain pun juga besar. 

Apa Saja Manfaat Media Sosial Untuk Promosi?

4 Manfaat Media Sosial Untuk Promosi dan Kegunaannya di Masyarakat
Sumber gambar: pexels.com/Tracy-Le-Blanc

Nah, sehabis mengetahui apa saja sosial media hits yang bisa kamu gunakan untuk mempromosikan sebuah produk, sekarang mari bahas beberapa manfaat dari sosial media tersebut sebagai media promosi. 

1. Menghemat Waktu dan Tenaga

Kamu sudah tidak membutuhkan promosi besar-besaran yang hanya bisa dijangkau oleh orang setempat. Sekarang dengan adanya sosial media, kamu bisa menjangkau orang jauh bahkan sampai ke ujung Indonesia maupun luar negeri. Tentu saja hal tersebut sangat menghemat waktu dan juga tenaga para pebisnis hanya dengan memanfaatkan fitur yang ada. 

Dengan melakukan promosi melalui satu layar kamu bisa menjangkau target pasar yang dituju apalagi jika menggunakan fitur Ads seperti yang dikeluarkan oleh Instagram dan Facebook. 

Meskipun itu tidak gratis tapi sudah banyak pebisnis online seperti penjual produk kecantikan yang menggunakan Maklon Kosmetik, mendapatkan pembeli yang tertarget dengan fitur tersebut. 

2. Mempercepat Teknik Pemasaran

Nah, iklan yang kamu promosikan menggunakan sosial media tentunya sangat cepat. Kamu tidak perlu menunggu lama seperti memasang iklan di koran supaya konten yang kamu buat untuk masyarakat terbit. Tidak, tidak seperti itu lagi, Ferguso… 

Hanya dengan membuat konten, upload, dan iklan kamu akan langsung tampil dan bisa dilihat oleh orang banyak. 

3. Menjangkau Konsumen Baru dan Mempertahankan Konsumen Lama

Yup, untuk memikat konsumen baru, kamu bisa mempromosikan produk dagangan kamu dengan memberikan harga promosi atau diskon. Tentu saja hal tersebut akan membuat banyak orang tertarik. 

Namun jangan salah! Meskipun tujuannya menjangkau konsumen baru, namun dengan adanya diskon tersebut juga bisa mempertahankan konsumen lama karena merasa untung dan murah beli produk di toko online yang kamu punya. 

4. Meningkatkan Popularitas

Sudah lihat berapa banyak brand yang namanya semakin naik selama menggunakan sosial media sebagai platform promosi? Sebagai contoh saja seperti Ms Glow yang menawarkan produk skincare untuk pria dan wanita. 

Dengan kehebatan promosinya menggunakan jasa endorse selebriti dan fitur lain, mereka mulai dikenal oleh masyarakat sebagai brand yang unik dan juga memiliki kualitas bagus. 

Jadi seperti itulah beberapa penjelasan singkat mengenai manfaat media sosial untuk promosi dan juga kegunaan platform-platform tersebut sehingga menjadi hits di kalangan masyarakat.

Mengingat pentingnya peran media sosial untuk bisnis, mengelola media sosial dengan baik menjadi PR besar bagi para pebisnis maupun calon pebisnis. Semoga ulasan ini bermanfaat dan sampai jumpa di postingan selanjutnya.