6 Cara Mengelola Sosial Media Yang Jarang Orang Lakukan

6 Cara Mengelola Sosial Media Yang Jarang Orang Lakukan

Cara mengelola sosial media? Apakah hal tersebut mudah dilakukan oleh orang-orang yang bukan expert sekalipun? Jawabannya tentu saja mudah dan kamu bisa mempelajarinya di dalam artikel ini bahkan untuk melakukan promosi bisnis.

Sebelum masuk ke pembahasan inti dari artikel ini, kamu harus paham dulu bahwa pengelolaan media sosial adalah hal penting yang harus dilakukan karena bisa membangun suatu image atau citra dari identitas yang dikenalkan. 

Misalnya saja untuk bisnis kecantikan, apabila kamu mengelola akun sosial media dengan baik, orang-orang pasti akan cepat mengenali identitas dari akun bisnis yang kamu jalani tersebut. 

Pada dasarnya ada 3 sosial media populer yang biasa orang-orang gunakan untuk berpromosi seperti Instagram, Facebook, dan Twitter. Namun sejak kemunculan TikTok, para pebisnis online mulai mencoba melakukan promosi unik sesuai dengan trend di platform tersebut. Lalu, bagaimana membuat manajemen sosial media yang baik?. 

Cara Mengelola Sosial Media Termudah

Cara Mengelola Sosial Media Termudah
Sumber gambar: pixabay.com

Nah, mari bahas beberapa cara untuk melakukan pengelolaan sosial media yang tepat sehingga akun yang kamu pegang bisa semakin berkembang dan dikenal banyak masyarakat. 

1. Strategi Media

Sebelum kamu terjun langsung untuk membuat konten, kamu harus tentukan dulu tujuan dari pengelolaan sosial media itu sendiri. Apakah untuk penjualan, berbagi info dan tips yang menarik, atau malah sebagai pencitraan. 

Misalnya ambil contoh kamu ingin mengembangkan penjualan yang kamu punya dengan menggunakan sosial media. Dari sinilah kamu bisa mengukur seberapa jauh tingkat peluang orang lain menjangkau sosial media yang akan dikelola nantinya. 

2. Perbarui Informasi

Setelah strategi yang kamu buat sudah mantap, berikutnya coba perbaharui informasi tentang toko online dan beberapa produk jualan yang kamu punya di sosial media. Misalnya seperti aktivitas kamu saat sedang mempacking barang untuk customer, yang dilakukan setiap hari agar mereka tahu kalau toko online yang kamu jalani memberikan pelayanan terbaik. 

Apabila kamu menjual produk kecantikan, kamu bisa juga memposting beberapa informasi tambahan seperti cara memakai skincare yang benar, bagaimana cara memproduksi produk kosmetik, dan tips lainnya yang memang berhubungan dengan produk jualan yang kamu tawarkan. 

3. Buat Jadwal Bulanan

Sama seperti media konvensional yang memiliki jadwal kegiatan mingguan atau bulanan, sosial media juga harus diatur dengan menyusun kegiatan atau konten penting yang dilaksanakan setiap bulan atau minggu. 

Kegiatan tersebut misalnya seperti Live Streaming bareng dengan followers, adanya diskon besar, dan materi konten lainnya yang mempunyai peluang besar untuk menarik konsumen baru dan juga mempertahankan konsumen lama. 

4. Rajin Posting

Dengan melakukan rajin posting setiap harinya tentu saja akan menaikkan nilai positif lebih bagi followers yang kamu punya.

Jika kamu masih jarang melakukan hal nomor 4 ini, sudah saatnya kamu mengatur jadwal posting konten kembali supaya akun yang kamu pegang terlihat aktif dan orang akan senang berkunjung sekedar untuk melihat produk jualan yang kamu tawarkan ataupun melihat informasi penting yang kamu jadikan konten. 

5. Tanggapi Komentar dengan Bijak

Meskipun di jaman sekarang pemilik toko online lebih disukai yang memiliki gaya jualan ‘modern’. Seperti membalas komentar menggunakan bahasa gaul dan dengan konteks candaan. Namun tetap saja, akan ada konsumen atau pengunjung akun kamu yang memiliki komplain melalui tentang kualitas produk bahkan konten yang kamu buat. 

Tidak usah marah, tidak usah kecewa! Kamu hanya perlu membalas komentar tersebut dengan bijak karena pada dasarnya mereka komplain supaya bisnis kamu bisa lebih baik lagi. Balaslah dengan kalimat yang sopan jika menemukan komentar negatif seperti itu. 

6. Pasang Iklan

Terakhir kamu bisa menggunakan fitur iklan jika ingin menjangkau pengguna akun sosial media yang lebih luas. Tentu saja fitur Ads tersebut berbayar, namun hasilnya sangat menguntungkan kamu karena akan sesuai dengan target pasar yang kamu mau. 

Sudah banyak yang menggunakan fitur tersebut, dan memang hasil yang dijanjikan penyedia sosial media benar-benar sesuai dengan hasilnya. Jadi untuk cara mengelola media sosial perusahaan cocok menggunakan tools tersebut. 

Jadi itulah beberapa cara mengelola sosial media yang tentu saja membantu tujuan kamu dalam bersosial media menjadi terarah dan juga berkembang.