cara memotivasi diri sendiri agar bangkit dari kegagalan

9 Cara Memotivasi Diri Sendiri Agar Dapat Bangkit Dari Kegagalan

Bagaimana cara memotivasi diri sendiri agar kembali bangkit dari keterpurukan?. Ulasan kami kali ini akan membahas mengenai hal tersebut.

Anda tentunya pernah mengalami kondisi down saat kegagalan atau rintangan dalam kehidupan. Namun anda sebaiknya tidak membiarkan hal ini berlangsung lama dan berlarut-larut. Karena pastinya hal tersebut akan semakin membawa dampak buruk ke diri dan juga kehidupan anda.

Cara Memotivasi Diri Sendiri Untuk Bangkit Dari Kegagalan

Untuk membantu anda yang kiranya tengah mengalami masalah yang satu ini, terdapat beberapa cara mungkin dapat membantu anda bangkit kembali dari keterpurukan. Berikut beberapa cara tersebut:

1. Ingat Kembali Mimpi Anda

Salah satu cara terbaik untuk bangkit dari keterpurukan adalah dengan mengingat kembali mimpi anda. Ketika anda mengalami kegagalan dan berputus asa, cobalah untuk mengingat kembali mimpi yang ingin gapai. 

Cobalah untuk membayangkan ketika anda berhasil nantinya. Hal tersebut akan menjadi penyemangat terbaik yang membantu anda bangkit. Satu hal yang perlu anda ingat bahwa jatuh bangun atau kegagalan adalah hal biasa dalam meraih impian.

2. Jadikan Kesalahan Sebagai Pengalaman

Anda pasti pernah mendengar peribahasa yang berbunyi bahwa pengalaman adalah guru terbaik. Pengalaman yang dimaksud di sini bukan hanya pengalaman baik, namun juga termasuk pengalaman buruk seperti kegagalan.

Ketika anda mengalami kegagalan, maka jadikan hal tersebut menjadi sebuah pembelajaran berharga agar anda tidak terjatuh dalam kesalahan yang sama di masa depan. 

3. Perjelas Target Anda

Untuk memotivasi diri, mimpi bukan satu-satunya hal yang harus anda miliki. Anda juga harus memiliki target. Target yang jelas akan membantu anda untuk lebih cepat untuk meraih apa yang anda impikan. 

Jika sebelumnya anda belum pernah membuat target dengan jelas apa yang perlu anda lakukan, maka mulailah untuk melakukannya. 

Misalnya, jika anda ingin membuat blog anda dapat menghasilkan uang. Maka mulailah untuk membuat target dan hal apa saja yang perlu anda lakukan untuk mewujudkannya.

Cobalah untuk menuliskan target apa saja yang ingin capai beserta dengan hal yang perlu dilakukan. Jangan lupa tentukan time frame atau deadline untuk setiap target yang anda buat. Pastikan bahwa target yang ingin anda capai realistis. 

4. Baca Buku Biografi

Terkadang, motivasi adalah sesuatu yang datang dari luar, salah satunya dapat dari kisah kesuksesan seseorang. Saat anda mengalami kegagalan, cobalah untuk sesekali membaca buku atau kisah sukses dari tokoh ternama di dunia.

Pastinya anda akan menemukan bahwa mereka juga sempat mengecap pahitnya kegagalan. Contohnya, J.K Rowling, penulis novel Harry Potter yang sempat mengalami penolakan dari 12 penerbit sebelum akhirnya berhasil menerbitkan karyanya.

5. Nonton Film Atau Video Yang Menginspirasi

Bukan rahasia, jika tidak semua orang suka dengan yang namanya membaca. Selain membaca buku biografi atau kisah sukses, anda juga dapat mencoba menonton sejumlah video motivasi dari tokoh ternama yang anda kagumi. Jack Ma adalah salah satu yang terbilang cukup aktif memberikan kuliah dan kelas motivasi.

Opsi lain yang juga cukup bagus adalah menonton sejumlah video motivasi dari situs TED.com

6. Jangan Bandingkan Dirimu Dengan Orang Lain

Ketika mengalami kegagalan, sedangkan yang lain berhasil. Jangan merasa rendah diri dan membandingkan dirimu dengan orang tersebut. Layaknya buku, setiap orang memiliki kisah suksesnya sendiri termasuk juga anda. Jadikan hal tersebut sebagai motivasi untuk dapat melakukan lebih baik kedepannya. Tetaplah fokus pada hal yang anda ingin capai. 

7. Berikan Reward dan Punishment Kepada Diri Anda

Kedisiplinan dan menghargai diri adalah 2 hal yang harus berjalan beriringan. Sebisa mungkin berusahalah untuk selalu disiplin dalam melakukan hal yang anda targetkan. Terapkan hukuman ke diri anda sendiri jika melanggar komitmen atau menunda hal yang berhubungan dengan target anda.

Ketika anda berhasil mencapai target anda, jangan lupa juga untuk memberikan apresiasi kepada diri anda. Hal tersebut akan dapat efektif memotivasi mengerjakan hal-hal terkait target dan impian anda.

8. Sesekali Menyegarkan Pikiran

Setiap orang pastinya memiliki titik jenuh dalam dirinya, termasuk juga anda. Untuk mengatasinya, cobalah sesekali menyempatkan diri anda untuk melakukan hal yang dapat menyegarkan pikiran. Misalnya seperti meditasi, berolahraga atau jalan-jalan di taman.

Setelah pikiran anda tersegarkan, anda akan mendapatkan kembali semangat untuk mengejar kembali impian anda.

9. Jangan Lupa Berdoa

Usaha tidak akan sempurna tanpa doa. Untuk itu, jangan pernah lupa untuk berdoa agar semua urusan anda dapat berjalan lancar dan diberikan kemudahan. Jika anda adalah seorang muslim, jangan pernah tinggalkan tiang agama anda yakni shalat. Sedangkan jika anda penganut agama lain, jangan pernah lupakan untuk berdoa di tempat ibadah anda. 

Itulah sedikit pembahasan mengenai cara memotivasi diri sendiri agar dapat segera bangkit dari kegagalan. Semoga bermanfaat untuk mengobarkan kembali semangat juang anda.

Baca Juga : Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk berjudi? Berikut Jawabannya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *