Cara Membuat Jadwal Harian dan Mengatur Waktu Dengan Baik

Cara Membuat Jadwal Harian dan Mengatur Waktu Dengan Baik

Bagaimana cara membuat jadwal harian yang baik dan benar?, Melalui ulasan kali ini, kami akan menyampaikannya.

Membuat jadwal harian adalah salah satu metode terbaik untuk melakukan time management untuk kegiatan sehari-hari. Dengan memiliki jadwal harian, maka kamu akan menjadi lebih teratur dan berkemungkinan kecil untuk melewatkan kegiatan yang kiranya penting.

Tidak hanya itu, membuat dan mengikuti jadwal harian juga akan dapat membuat kamu menjadi lebih produktif dan efisien. Namun sayangnya, tidak semua orang memahami tentang cara untuk menyusun dan membuat jadwal hari ini

Cara Membuat Jadwal Harian Yang Baik 

Berhubungan dengan hal tersebut. Pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit berbagi mengenai cara untuk membuat jadwal harian yang baik dan benar yang dapat kamu jadikan panduan dalam menyusun jadwal harian mu. Berikut ulasan selengkapnya.

1. Gunakan Media Terbaik Untuk Menulis Jadwalmu

Teknologi saat ini telah sangat berkembang, jadwal harian tidak harus lagi ditulis di buku catatan. Kamu dapat menulis jadwal kamu di device yang kamu gunakan, seperti Smartphone ataupun laptop. Saat ini, banyak Smartphone yang telah dilengkapi dengan fitur agenda yang dapat kamu gunakan. 

Namun jika kamu lebih menyukai hal klasik yakni menulis jadwal di buku catatan, kamu tetap dapat melakukannya. That’s okay to do.

2. Mengatur Rentang Waktu 30 Menit

Setelah menentukan media apa yang akan kamu gunakan untuk menulis jadwal harian mu, tips mengatur jadwal harian selanjutnya adalah mengatur kegiatanmu dalam rentang waktu 30 menit.

Mulailah memberikan rentang 30 menit untuk kegiatan-kegiatan tertentu yang kiranya tidak memakan banyak waktu, seperti olahraga, mandi dan sarapan. Berikut contohnya:

  • Olahraga (05.30 AM – 06.00 AM)
  • Mandi (06.00 AM – 06.30 AM)
  • Sarapan (06.30 AM – 07.00 AM)

3. Mulai Memasukkan Jadwal Kegiatanmu

Tentunya kamu memiliki kegiatan wajib yang harus dilakukan setiap harinya, mulailah untuk menuliskan kegiatan-kegiatan tersebut ke dalam jadwalmu. 

Misalnya kamu memiliki rutinitas berangkat ke kerja pada pukul 08.00 pagi dan melakukan pengecekan pekerjaan pada jam 10.00. Maka tulis hal tersebut secara berurutan. Untuk bagian ini, sebaiknya kamu memberikan sedikit space pada jadwalmu.

Hal tersebut dibutuhkan untuk menulis kegiatan tambahan yang mungkin harus kamu prioritaskan dibandingkan jadwal harianmu. Contohnya.

  • Berangkat kerja (08.00 AM- 08.30 AM)
  • Briefing kerja  (08.45 AM- 09.15 AM)
  • Mengerjakan job (09.20 AM- 10.00 AM)
  • (Kegiatan tambahan/urgent)
  • (Kegiatan tambahan/urgent)
  • Pengecekan pekerjaan (10.00 AM – 11.00 AM)

4. Masukkan Waktu Flexible

Jika kamu telah memasukkan semua kegiatan harian dan penting ke dalam jadwal mu, selanjutnya jangan lupa untuk juga memasukkan waktu flexible yang kamu miliki. Waktu flexible ini dapat kamu pergunakan untuk hal lain seperti mengerjakan pekerjaan yang belum terselesaikan sebelumnya.

Misalnya, kamu memiliki waktu senggang atau istirahat pada jam 12.00 AM-13.00 PM, tulislah waktu tersebut ke dalam jadwalmu.

5. Template Jadwal Harian Juga Dapat Jadi Pilihan

Selain membuatnya sendiri, kamu sebenarnya juga dapat menggunakan template jadwal harian yang banyak diunggah di internet. Dengan kata kunci contoh jadwal harian, kamu akan mendapatkan banyak pilihan template yang dapat kamu gunakan.

Kamu pun juga dapat mengandalkan aplikasi jadwal harian yang saat ini tersedia di Playstore.

Tips Tambahan : Time Management

Sebagai bagian penutup, kami juga memiliki sedikit tips time management untuk kamu. Adapun beberapa tips tersebut adalah sebagai berikut:

1. Ketahui Jadwalmu Dengan Baik

Tips pertama yang perlu kamu ketahui tentang time management adalah mengetahui dengan baik jadwalmu. Cobalah untuk mengumpulkan terlebih dahulu data tentang kegiatan harian yang kamu sering lakukan setiap harinya.

2. Ketahui Waktu Produktifmu

Setiap orang pastinya memiliki waktu produktif nya sendiri. Gunakanlah waktu paling produktif tersebut untuk mengerjakan hal-hal yang kiranya penting seperti pekerjaan ataupun belajar. Dengan melakukan ini, maka kamu akan dapat menjadi lebih produktif.

3. Terapkan Skala Prioritas

Ketika kamu mendapatkan sebuah pekerjaan dengan prioritas yang lebih penting, tentunya kamu harus mendahulukannya terlebih dahulu. Selalu susun jadwalmu berdasarkan skala prioritas nya.

Misalnya, jika kamu memiliki hal penting  yang perlu dilakukan pada waktu dimana kamu juga memiliki kegiatan harian. Maka prioritas kan hal yang lebih penting dan kerjakan (lakukan) hal yang tertunda di waktu senggangmu.

4. Kurangi Waktu Yang Terbuang

Tips terakhir untuk kamu adalah mengurangi waktu yang terbuang. Saat ini masih banyak sekali orang yang kurang efektif dan efisien dalam menggunakan waktunya. Mereka tanpa sadar membuang waktunya untuk hal-hal yang sebenarnya dapat dihindari, contohnya seperti kemacetan, mengantri dan lainnya.

Cobalah untuk memangkas waktu yang terbuang tersebut. Misalnya jika kamu mengetahui rush hours (jam sibuk), makan hindari untuk berangkat kerja pada jam tersebut. 

Itulah sedikit tips dan cara membuat jadwal harian yang baik. Semoga apa yang kami sampaikan kali ini dapat membantu kamu untuk mengatur waktu dengan lebih baik kedepannya. Selamat mencoba.

Baca Juga : Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk berjudi? Berikut Jawabannya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *