7 Keuntungan Berani Mencoba Hal Baru Dalam Hidup

7 Keuntungan Berani Mencoba Hal-Hal Baru Dalam Hidup

Apakah berani mencoba hal baru itu adalah sesuatu yang positif?. Jika iya, apa saja manfaatnya?.

Mencoba hal baru memang dapat dikatakan bukanlah suatu yang mudah bagi beberapa orang. Pasalnya tidak banyak orang yang siap untuk meninggalkan zona nyamannya untuk tantangan baru, terutama apabila menyangkut karir.

Keuntungan Berani Mencoba Hal Baru

Padahal jika dicermati dengan baik, mencoba hal baru juga dapat memberikan beberapa keuntungan tersendiri untuk dirimu. Mau tahu apa saja keuntungan tersebut? Berikut ulasan selengkapnya.

1. Melatih Diri Berpikir dan Bertindak Positif

Mencoba hal baru dapat menjadi salah satu cara yang dapat dipergunakan untuk menghibur diri. Dengan melakukan hal baru, kamu akan dapat berlatih untuk selalu berpikir dan bertindak positif dalam menghadapi berbagai kondisi.

Dan juga bagi beberapa orang, mencoba sesuatu yang diluar kebiasaan atau aktivitas dapat memberikan kesenangan tersendiri dikarenakan mendapatkan pengalaman baru.

2. Menambah Wawasan dan Juga Pengalaman

Takut mengalami kegagalan adalah salah satu alasan mengapa cukup banyak orang takut meninggalkan zona nyamannya. Namun dibalik kegagalan juga ada wawasan dan pengalaman yang akan didapatkan.

Mengutip dari salah satu peribahasa terkenal “pengalaman adalah guru yang paling berharga” . Setiap pengalaman akan membuat kamu menjadi pribadi yang lebih baik. Meskipun terkadang pengalaman ini berupa kegagalan.

Jadikan pengalaman, baik keberhasilan maupun kegagalan sebagai guru terbaik, sehingga kamu menjadi lebih baik dan berwawasan ke depannya.

3. Memunculkan Banyak Ide Segar

Dengan banyaknya pengalaman yang didapatkan dari eksplorasi hal-hal baru, anda akan lebih aktif dalam menghasilkan ide-ide segar. Seperti yang diketahui bahwa kreativitas itu adalah hasil dari sebuah proses belajar. 

Ketika kamu banyak belajar dan menggali pengalaman, maka kamu akan dapat menggabungkan pengetahuan dan pengalaman tersebut menjadi ide-ide segar yang mungkin akan mendatangkan pundi-pundi rupiah di kemudian hari.

4. Mengatasi Kebosanan

Mungkin tidak sedikit dari kamu yang merasa bosan dengan rutinitas yang sama setiap harinya.  Mencoba hal baru dapat menjadi solusi yang dapat membebaskan kamu dari rasa bosan tersebut.

Dengan mencoba melakukan hal baru di luar rutinitas, kamu akan dapat menyegarkan dan merilekskan pikiran. Kamu pun juga akan dapat mendapatkan banyak perspektif baru. Hal ini akan membuat otak kamu kembali segar ketika harus kembali ke rutinitas sebelumnya.

5. Memperluas Relasi Pertemanan

Salah satu keuntungan yang paling terlihat dari berani mencoba hal baru adalah kamu dapat memperluas jaringan pertemanan mu. Dengan mencoba hal baru, kamu akan bertemu dengan banyak orang baru di lingkungan yang kamu masuki.

Mengenal banyak orang akan menjadi suatu investasi besar di masa depan. Siapa tahu, relasi yang kamu kenal akan membantu atau memberikan kamu kesempatan besar di kemudian hari. Tidak hanya itu, kamu juga akan dapat belajar banyak hal baru dari teman-temanmu.

6. Menguatkan Mental Menghadapi Masalah

Saat kamu mencoba suatu hal baru tentunya kamu akan dihadapi oleh sejumlah masalah, entah itu tentang penyesuain diri maupun proses pembelajaran. Namun di luar itu, kamu juga sekaligus dapat menempa mental mu.

Mencoba hal-hal baru akan membuatmu menjadi semakin dewasa dan terbiasa menghadapi masalah. Ketika menghadapi sebuah masalah, kamu akan menjadi lebih tenang dan tahu apa yang perlu dilakukan.

7. Cara Untuk Menentukan Passion

Saat ini banyak orang yang terjebak dalam suatu hal yang sebenarnya bukan hal yang dia sukai (passion). Contohnya, ada seseorang yang menjadi seorang arsitek, bukan karena ia menyukai, namun hanya untuk menghasilkan uang. 

Hal ini sebenarnya adalah hal yang tidak perlu dipermasalahkan, dikarenakan terkait dengan pilihan yang dipercayai. Namun akan ada titik dimana kamu akan mengalami stress, lantaran memaksakan diri untuk melakukan hal yang sebenarnya tidak terlalu kamu sukai.

Mencoba hal baru dapat membantu menemukan passion mu. Meskipun mungkin kamu tidak menekuninya secara penuh. Melakukan hal yang kamu sukai dapat menjadi sarana pelepasan stres saat kamu dipusingkan dengan pekerjaan ataupun hal yang harus kamu lakukan.

Untuk itulah, jangan ragu untuk mengeksplorasi hal-hal baru yang positif. Siapa tahu kamu akan menemukan sesuatu yang benar-benar yang kamu sukai.

Hal-Hal Baru Yang Dapat Kamu Coba

Perihal hal-hal apa yang harus kamu coba, sebenarnya hal ini bersifat sangat opsional. Namun terdapat beberapa hal yang kiranya akan dapat memberikan kamu wawasan dan pengetahuan lebih, diluar kegiatan atau aktivitas yang biasa kamu lakukan. Adapun beberapa hal tersebut adalah:

1. Ikuti Komunitas Pengembangan Diri

Mengikuti komunitas pengembangan diri seperti komunitas bahasa asing akan memberikan kamu soft skill baru yang akan berguna. Hal ini berbeda dengan mengikuti pelatihan, dimana kamu akan belajar secara formal.

Di komunitas, biasanya kamu akan belajar dengan lebih santai. Selain itu, kamu juga akan dapat memperluas relasi pertemanan.

2. Memulai Bisnis Sendiri

Jika kamu sempat berpikir untuk bekerja dan mengikuti orang seumur hidupmu, maka kamu harus segera menghapus pikiran ini. Karena setiap orang memiliki masa produktifnya masing-masing.

Mumpung kamu masih produktif, maka mulailah sebuah bisnis yang sesuai dengan passion mu. Selain dapat menghasilkan uang, berbisnis ini dapat menjadi sarana bagi kamu merilekskan diri dari rutinitas. Kamu tidak akan merasakan tekanan seperti di tempat kerja, dikarenakan you’re the boss.

Sekian pembahasan kami mengenai keuntungan dari berani mencoba hal baru. Bagaimana dengan kamu? Hal baru apa yang kamu coba belum lama ini?. Semoga pembahasan kami kali ini bermanfaat.

Baca Juga : Bagaimana cara menghilangkan kebiasaan buruk berjudi? Berikut Jawabannya

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *